Public Lecture Syekh Hisham Kabbani “Spiritualism in Modern World” 3 of 4

“Pada Jumat (17/06), UI mengadakan kuliah umum dengan tema “Spiritualism in Modern World”, bertempat di Balai Sidang Kampus UI Depok, dengan pembicara Syaikh Hisham Kabbani (ulama Sunni terkemuka di Amerika Serikat) dan Dr. Yon Mahmudi (Dosen Pusat Kajian Timur Tengah dan Islam UI) sebagai moderator acara. Rektor UI Prof.Dr. derSoz Gumilar Rusliwa Somantri sebagai keynote speaker dalam acara ini.

Dalam kuliahnya, Syaikh Kabbani menjelaskan mengenai bagaimana spiritualisme menjadi salah satu jalan untuk mencapai keseimbangan dalam hidup. Dia mengibaratkan manusia dan spiritualisme dengan rumus kekekalan energi yang memerlukan massa (jasmani manusia) dan energi (rohani manusia). Manusia perlu untuk menjaga kesehatan fisik dengan berolahraga atau menjaga pola makan. Namun untuk mencapai keseimbangan, diperlukan pula suplemen bagi kesehatan rohani yang dapat diperoleh dari pelaksanaan ajaran agama.

Syaikh Kabbani juga menekankan mengenai adanya karakter buruk dalam diri manusia. Untuk menghilangkannya manusia perlu melihat ke dalam dirinya dan melakukan introspeksi. Lima karakter buruk utama yang harus dihilangkan adalah kemarahan, cinta dunia, iri, arogan, dan riya’ (memamerkan kebaikan diri). Di akhir kuliahnya, Syaikh Kabbani menekankan pentingnya spiritualitas yang berupa iman dan kepercayaan untuk menjaga diri di era modern.”

Komentar

8
Views