Blog

UI SG 2013 | Dr T Ezni Balqiah | Marketing Research: An Introduction
00
 

Marketing Research : An Intoduction
Dr T Ezni Balqiah – 14 November 2013
Location : Studio PPSP Universitas Indonesia, Kampus UI Depok

Penelitian berawal dari adanya persoalan yang harus diselesaikan oleh para pengambil keputusan. Persoalan tersebut akan dapat diselesaikan apabila para mengambil keputusan memiliki informasi yang cukup untuk dapat mengambil keputusan. Apakah informasi yang ada sudah mencukupi? Kalau belum, maka diperlukan penelitian untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan untuk dapat menyelesaikan persoalan yang dihadapi

Sesi ini memaparkan langkah-langkah dan prosedur untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan untuk menyelesaikan persoalan pemasaran yang dibutuhkan untuk menyusun suatu strategi pemasaran. Karena masih bersifat “pengantar” maka pembahasan dilakukan secara menyeluruh dan hanya bersifat pengenalan, dimana sesi-sesi berikutnya akan membahas setiap prosedur dari riset pemasaran dengan disertai contoh-contoh dan aplikasi di bidang pemasaran.

Sesi ini bertujuan untuk :
• Memberikan pemahaman kepada peserta mengenai proses riset pemasaran mulai dari menformulasikan problem hingga pembuatan laporan hasil riset pemasaran.
• Memperkenalkan teknik-teknik analisis data, penggunaan software dan interpretasi terhadap output statistik yang dihasilkan.

Topik Bahasan :
1. Proses Penelitian
2. Desain Riset : Eksploratory dan Deskriptif
3. Teknik Pengukuran dan Skala
4. Teknik Sampling
5. Analisis Data

Komentar

Likes(0)Dislikes(0)